DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Apa Saja Sih Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Itu? Ini Ulasannya!

Secara singkat, teks hasil observasi ini merupakan sebuah catatan yang berisi rangkuman informasi dari kegiatan observasi. Dimana semua observasi yang dilakukan itu tadi berdasarkan data dan juga fakta yang ada. Pada dasarnya, teks hasil observasi tersebut mempunyai 4 buah struktur yang membedakan dengan lainnya.

Dimana keempat struktur yang dimaksud tersebut tidak lain berupa judul, pernyataan umum, deskripsi bagian dan juga manfaat, hingga kesimpulan. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mengenai keempat struktur dari hasil observasi tersebut maka simak ulasan artikel yang ada di bawah ini ya!

  1. Struktur judul

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat teks hasil observasi tersebut tidak lain yaitu membangun struktur judulnya. Tentunya struktur yang  satu ini wajib ada di semua tulisan supaya bisa diindentifikasi oleh para pembacanya dengan mudah pastinya.

  1. Struktur pernyataan umum

Setelah menentukan judul, buat pernyataan umumnya. Bisa berupa latar belakang hingga asl usul dari objek yang diobservasi terssebut.

  1. Struktur deskripsi bagian dan manfaat

Jika dua struktur tadi sudah dibuat, kamu tinggal membuat deskripsi bagian dan juga manfaatnya saja. Tetapi pastikan bahwa semuanya kamu jelaskan secara detail supaya pembaca bisa paham ya!

  1. Struktur kesimpulan

Terakhir, setelah semua struktur di atas tadi telah dipenuhi maka kamu tinggal membuat kesimpulannya saja. Dimana kamu wajib membuat garis besar maupun inti sari dari hasil observasi yang dilakukan tadi.