DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan dan Gajinya

Tak sedikit calon mahasiswa memilih Ekonomi Pembangunan sebagai jurusan yang dituju.Bahkan akhir-akhir ini ekonomi pembangunan menjadi salah satu primadona baru dalam dunia kampus. Ekonomi pembangunan ini berbeda dengan jurusan ekomoni lainnya. Sebab, ekonomi pembangunan ini lebih terkait dengan isu-isu bisnis, industri, keuangan, dan pemerintahan.

jadi para lulusan ekonomi pembangunan ini tidak hanya dapat menjadi seorang ekonomi saja, namunĀ  lebih luas. Para lulusan ekonomi pembangunan ini dapat bekerja di berbagai sektor. Baik itu profit maupun non-profit.Sehingga prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan ini cukup menggiurkan. Namun, apa yang dimaksud jurusan ekonomi pembangunan?

Ekonomi pembangunan ini dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu ekonomi yang berfokus pada perbaikan kondisi fisikan, ekonomi, dan sosial di Negara-negara berkembang.Dalam keajiannya, ekonomi pembangunan ini mempertimbangkan beberapa faktor. Misalnya, kesehatan, pendidikan, dan kondisi kerja. Selain itu juga mempertimbangkan faktor kebijakan domestic dan inernasional.

Jadi, ekonomi pembangunan ini berfokus pada perbaikan pembangunan ataupun kondisi Negara-negara miskin dan berkembang. Lantas apa saja prospek kerja ekonomi pembangunan ini? Berikut ini beberapa prospek kerja ekonomi pembangunan dan gajinya, mengutip dari Gajiterbaru.com, berikut informasinya untuk Anda:

  • Research and Development (R&D)

Lulusan ekonomi pembangunan ini dapat menjadi seorang peneliti denga basis berpikir kritis.R&D bertanggung jawab terhadap aktivitas penelitian. Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawa dalam pengembangan yang berorientasi ke masa depan atau jangka panjang. Pekerjaan yang R&D lakukan ini ialah mengelola dana yang dianggarkan perusahaan untuk suatu riset.

Research and Development ini juga bertugas memastikan kualitas performansi perusahaan agar sesuai dengan standar. Kemudian melakukan, membuat, serta mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kualitas produk. Jadi secara garis besar, profesi ini menjadi jembatan antara kebijakan ekonomi dan masyarakat sebagai objek. Lantas berapa gaji seorang R&D?

Gaji seorang R&D ini cukup tinggi dan bervariasi. Untuk seorang R&D pemula atau fresh graduate diupah sekitar 4-6 juta perbulan.

  • Ahli Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja ekonomi pembangunan selanjutnya yaitu ahli ekonomi pembangunan. Profesi ini merupakan tenaga ahli yang berpengalaman di bidang pengembangan wilayah serta analisis ekonomi. Umumnya seorang ahli ekonomi pembangunan bekerja untuk menganalisis sektor perekonomian kawasan. Kemudian, meningkatkan pendapatan ekonomi wilayah dan lain-lain.

Selain itu seorang ahli ekonomi pembangunan juga melakukan kajian aspek ekonomi yang berkaitan dengan perkembangan perkotaan serta mengidentifikasi komponen kegiatas pendanaan program pengembangan prasarana. Gaji, seorang ahli ekonomi pembangunan yang sudah berpengalaman sendiri bisa mencapai 17 juta per bulan.

  • Financial Analyst

Financial anlyst ini merupakan orang yang bertanggung jawab atas perencanaan dan analisis keungan perusahaan. Seorang financial analyst juga memiliki kapasitas untuk membuat keputusan komersial bagi sebuah perusahaan ataupun organisasi. Untuk gaji awal seorang financial analyst ini berkisar 4-7 juta per bulan.

  • Pegawai Instansi Pemerintahan

Selain peluang untuk bekerja di sektor swasta atau perusahaan, lulusan ekonomi pembangunan juga bisa bekerja di sekor pemerintahan loh. Dalam hal ini Anda bisa menjadi ASN. ASN sendiri merupakan kepanjangan dari aparatur sipil Negara. ASN merupakan salah satu profesi yang menerima lulusan ekonomi pembangunan.

Nantinya para lulusan ekonomi pembangunan tersebut terbagi dalam satuan tugasnya masing-masing. Gaji pertama seorang ASN ini berkisar antara 4-7 juta rupiah per bulan.

Demikian beberapa prospek kerja ekonomi pembangunan dan gajinya, mengutip dari Gajiterbaru.com berikan kepada Anda. SelainĀ  keempat profesi tersebut masih banyak lagi profesi yang dapat dikerjakan lulusan ekonomi pembangunan dan tentunya memiliki gaji yang cukup tinggi.