DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

2 Mitos Gunung Penderman yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mendakinya

Mitos gunung Panderman yang berlokasi di Kota Batu ini tidaklah terlalu banyak. Padahal gunung ini sudah sangat populer bagi masyarakat yang tinggal di daerah Batu. Karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah dari ketinggian.

Mitos Gunung Penderman yang Jarang Diketahui Orang

Meskipun gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah, namun tidak memiliki banyak kisah misterius. Kalau beberapa waktu yang lalu pernah ada pendaki yang tersesat dan sempat hipotermia. Nyatanya karena ulah orang iseng yang merubah petunjuk arah.

  1. Lokasi Persembunyian Abughonim

Konon pada tahun 1825 sampai dengan tahun 1830 ketika terjadinya Perang Jawa, Gunung Panderman pernah digunakan sebagai lokasiĀ  persembunyian Abu Ghonaim. Beliau merupakan pengikut setia Pangeran Diponegoro. Yang juga memiliki taktik gerilya yang sama dengan pangeran Diponegoro.

  1. Berasal dari Nama Orang Belanda

Nama gunung Panderman ini konon berasal dari nama orang yang pertama kali mendaki gunung tersebut. Dan orang tersebut adalah nama seorang pendaki pertama asal Belanda yakni Van Der Man. Kemudian Van Der Man inilah yang mempopulerkan keindahan gunung itu pada masanya.

Karena itulah lama kelamaan nama gunung itu menjadi gunung Panderman karena berasal dari kata Van Der Man. Karena disesuaikan dengan lidah Indonesia sehingga berubah menjadi Panderman Dan menjadi namanya hingga saat ini.

2 mitos gunung panderman tersebut masih bertahan sampai sekarang dan selalu diceritakan secara turun temurun. Masyarakat yang tinggal di sekitar gunung tersebut pasti mengetahuinya.