DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Yuk Intip 3 Manfaat Buah Angkung yang Sering Dijadikan TOGA

Angkung sudah cukup lama terkenal sebagai tanaman herbal yang juga cukup sering dijadikan sebagai TOGA (tanaman obat keluarga) oleh masyarakat. Bahkan karena visualnya yang dinilai cantik, angkung juga dijadikan sebagai tanaman hias. Namun perlu anda ketahui bahwa manfaat buah angkung ternyata sangat berlimpah. Berikut dijabarkan beberapa di antaranya.

Manfaat dari Buah Angkung

  1. Bantu Turunkan Berat Badan

Buah angkung tidak memiliki kalori yang tinggi, dimana hanya terdapat 19 kalori dalam basella alba (100 gram). Bahkan kandungan seratnya pun termasuk tinggi, sehingga membuat buah dari tanaman angkung pun menjadi pilihan tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Apalagi ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat bisa memberikan rasa kenyang.

  1. Tingkatkan Kualitas Tidur

Selain membantu menurunkan berat badan, buah angkung juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Itu karena buah dari tanaman angkung mempunyai kandungan magnesium dan juga seng. Kedua mineral tersebut sangat berharga dalam tubuh manusia, yang mana telah terbukti dapat memberikan sedikit efek relaksasi pada otot.

  1. Kontrol Kadar Gula

Manfaat lainnya dari buah angkung yaitu dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh. Karena mengandung serat yang tinggi, buah ini dapat memperlambat kenaikan kadar gula darah. Sebab makanan berserat tinggi umumnya memang bisa memperlambat penyerapan glukosa darah. Itulah kenapa buah angkung dinilai mampu membantu para penderita diabetes.

Dikenal sebagai tanaman herbal, tidak heran apabila buah dari tanaman angkung pun memiliki segudang manfaat. Akan tetapi, ada baiknya apabila anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli mengenai jumlah yang tepat dalam mengonsumsinya. Sehingga manfaat dari buah tersebut bisa diperoleh secara optimal dan tidak justru sebaliknya menimbulkan efek samping.