DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Yuk Kenali 5 Jenis Ikan Hias Akuarium Bersisik Indah

Memelihara ikan hias akuarium memang menyenangkan. Selain bisa menghilangkan stress, rumah pun akan terlihat lebih semarak. Memilih jenis ikan hias akuarium pun tidak boleh asal-asalan.

Anda harus mempertimbangkan kondisi akuarium dan faktor lain. Selain itu, kenali pula jenis ikan hias akuarium terlebih dahulu sebelum memutuskan. Ini dia beberapa referensi ikan hias akuarium yang mungkin bisa dipelihara

Ragam Jenis Ikan Hias Akuarium Cocok Dipelihara

Memelihara ikan hias sebenarnya mudah. Asalkan Anda memerhatikan bagaimana karakteristik ikan dan tepat dalam memilih jenis pakannya. Tiap ikan hias akuarium memang memiliki karakteristik berbeda seperti berikut.

  1. Ikan Guppy

Warna-warni sisik yang beragam, sifatnya yang lincah, dan bentuknya yang unik membuat banyak orang menyukai ikan guppy. Ikan hias air tawar ini juga mudah dirawat, asalkan kondisi airnya bersih.

Guppy betina memiliki varian warna yang lebih sedikit dibandingkan jantan. Tak hanya itu, jenis ikan ini juga mudah dikembang biakkan. Ikan pemakan plankton ini bahkan bisa hidup di suhu air 50-84 derajat Fahrenheit.

  1. Ikan Neon Tetra

Sesuai namanya, ikan neon tetra akan terlihat mengkilap berkat warna sisiknya. Warna sisiknya biru mengkilap dengan campuran sisik oranye di ekornya. Meskipun mungil, banyak yang menyukainya sebagai peliharaan berkat visualnya yang menawan.

Ikan neon tetra merupakan pemakan segala dengan makanan favorit cacing, tumbuh-tumbuhan, udang, maupun serangga. Selain tubuhnya mungil dan hemat tempat, untuk memeliharanya pun tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya.

  1. Ikan Goldfish

Jenis ikan hias akuarium satu ini sekilas mirip ikan koi. Hanya saja goldfish lebih cocok ditempatkan di akuarium dibandingkan kolam. Bentuk tubuhnya lebih kecil dari koi dengan warna sisik gradasi.

Ikan goldfish umumnya bersisik gradasi oranye keemasan. Ekornya panjang dengan sirip yang menjuntai. Hal inilah yang membuat penampilan goldfish begitu menarik. Jika ingin memeliharanya, Anda harus rutin mengganti air akuarium minimal seminggu sekali. Jangan lupa juga siapkan filter airnya.

  1. Ikan Anglefish

Beragam warna dan pola sisik bisa Anda jumpai pada ikan cantik ini. Anglefish masuk ke dalam keluarga ikan cichlid dan masuk satu golongan dengan ikan oscar, discus, serta parrot. Ukurannya bisa tumbuh hingga 8 inchi, tergolong ikan berukuran kecil.

Saat kecil, anglefish memiliki tabiat kalem. Akan tetapi ketika sudah dewasa, ikan dengan bentuk pipih ini akan berubah agresif. Walaupun demikian, anglefish masih bisa disatukan dengan ikan lainnya.

  1. Ikan Lemon

Anda akan langsung teringat dengan buah lemon jika melihat visual dari ikan cantik ini. Bentuknya lonjong dengan kulit berwarna lemon cerah. Ikan lemon ini memiliki daya tahan kuat dan memiliki karakteristik agresif.

Warna sisiknya yang keseluruhan kunin lemon ini, semakin menawan dengan bola matanya yang hitam pekat. Ikan yang memangsa plankton ini tidak disarankan digabung dengan jenis ikan lain. Anda perlu akuarium khusus jika ingin memeliharanya.

Contoh Ide Hiasan Akuarium yang Menarik dan Aesthetic

Setelah tahu apa saja ikan hias akuarium, tentu Anda ingin segera memeliharanya. Jangan lupa maksimalkan tampilan akuarium dengan aneka hiasan menarik seperti beberapa ide hiasan akuarium berikut.

  • Tumbuh-tumbuhan replica dari plastik ramah lingkungan
  • Driftwood artifisial yang membuat akuarium lebih natural
  • Batu hiasan akuarium dengan aneka bentuk
  • Replika ekosistem di akuarium agar ikan semakin betah
  • Batu karang artifisial dengan aneka bentuk

Nah itu dia berbagai jenis ikan hias akuarium yang warna dan bentuk sisiknya sangat indah. Tentu sangat banyak jenis ikan hias lainnya, seperti yang sering dibahas di prasstyle news. Jangan lupa rawat ikan sungguh-sungguh agar umurnya lebih panjang.