DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Tidak Perlu Panik! Yuk Intip 5 Cara Menyembuhkan Kolik Pada Bayi

Bagi anda yang belum tahu, kolik merupakan kondisi saat bayi menangis dan sulit untuk dihentikan. Sejatinya kolik bukan gangguan kesehatan yang berbahaya, melainkan sesuatu yang wajar pada bayi. Apabila di kecil mengalami hal tersebut, yuk intip tips menangani dan cara menyembuhkan kolik pada bayi berikut!

Cara Mengatasi Bayi Rewel Akibat Kolik

  1. Pijat Perut Bayi Dengan Lembut

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bayi yang kolik adalah dengan memijat bagian perut si kecil dengan lembut. Usapan tersebut akan membuat bayi merasa nyaman, terlebih jika koliknya disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi organ dalam yang belum sempurna membuat udara bisa terjebak dan membuat perut tidak nyaman.

Anda bisa menggunakan minyak telon agar perut anak semakin hangat. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih baik dan tangisan pun mulai berhenti. Namun anda tidak boleh menggunakan minyak telon dalam jumlah yang berlebihan. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga minyak telon yang terlalu banyak akan membuat bagian tersebut memerah disertai efek terbakar.

  1. Memandikan Bayi Menggunakan Air Hangat

Mandi dengan air hangat bukan hanya nyaman bagi orang dewasa, namun juga bagi bayi. Anda bisa meredakan tangisan si kecil dengan memandikannya menggunakan air hangat. Perhatian mereka akan teralihkan dengan suhu air yang nyaman sehingga tangisan bisa berhenti. Namun anda perlu waspada, terlebih jika tangisan masih sangat kencang.

Dalam posisi yang demikian, anda akan sulit untuk memegang dan mengontrol tubuh bayi dengan baik. Gerakan mereka masih tidak terarah sehingga anda perlu waspada jangan sampai genggamannya terlepas. Jika posisinya sulit, anda bisa memandikan bayi hanya dengan mengusap tubuhnya menggunakan waslap.

  1. Gendong Bayi Dengan Kain

Menggendong bayi dengan menggunakan kain adalah cara ketiga yang bisa anda lakukan untuk meredakan tangisan bayi yang kolik. Jika tidak ada kain, anda bisa menggunakan selimut agar tubuhnya hangat. Dengan begitu, masalah yang berkaitan dengan pencernaannya bisa sedikit mereda. Bayi juga merasa lebih aman dan nyaman di dalam dekapan ibunya.

  1. Pijat Bayi

Jika tangisan anak tidak kunjung berhenti, tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan tenaga ahli seperti bidan yang biasa memberikan pijatan pada anak. Namun kondisinya akan lebih aman jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang menangani kesehatan anda dan anak. Ikuti saran yang diberikan oleh dokter agar kolik bisa segera teratasi.

  1. Berikan Probiotik Pada Anak

Cara terakhir yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi kolik adalah dengan memberikan probiotik dalam bentuk tetes maupun sirup. Produk tersebut bisa anda beli di apotik maupun swalayan dan dikenal aman. Kinerjanya pun efektif untuk mengurangi kolik sehingga anak bisa lebih tenang dan nyaman. Rasa tidak enak pada bagian perut yang dirasakan si kecil bisa teratasi dengan baik.

Probiotik sendiri merupakan suplemen atau larutan yang bisa memelihara sistem pencernaan terutama lambung dan usus. Probiotik juga dikenal dengan sebutan bakteri baik oleh masyarakat. Jumlah bakter ini harus seimbang dengan bakteri jahat agar proses pencernaan berjalan lancar. Tidak heran jika konsumsi probiotik dapat digunakan dalam cara menyembuhkan kolik pada bayi.

Beberapa tips yang telah disebutkan sebelumnya perlu anda ingat dengan baik agar anda tidak kebingungan saat melihat anak rewel sepanjang hari. Kolik pada bayi merupakan fenomena yang umum sehingga anda tidak perlu panik. Hanya saja carilah metode yang palingĀ  mudah untuk menenangkan si kecil.