DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Cara Mengatasi Bootloop HP iPhone dan Android

Kita menggunakan HP hampir setiap hari, kecuali jika kita sedang tidur, bekerja atau sekolah pastinya hp tidak akan kita gunakan. Karena penggunaan yang lama dari waktu ke waktu, performa dan masa pakai baterai biasanya akan berkurang. Dan masalah seperti bootloop biasanya bisa terjadi.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud bootloop? Bagaimana cara mengatasi bootloop HP? Dikutip dari wartaINET.com, berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan tentang bootloop dengan lengkap.

Apa itu Bootloop?

Dalam penjelasan yang paling sederhana, bootloop menggambarkan ketika hp Kamu terjebak dalam proses reboot. Istilah bootloop hanyalah cara yang lebih umum untuk mengatakan reboot loop.

Saat Kamu me-restart hp, akan terdapat serangkaian tugas yang harus diselesaikan agar hp bisa menyala dan berfungsi normal sepenuhnya. Jadi meskipun yang Kamu lihat di layar hp hanya logo merek hp, sebenarnya banyak yang terjadi di balik logo tersebut.

Dalam situasi yang sempurna, hp Kamu bisa menyelesaikan semua tugas yang diperlukan, semuanya bekerja dengan benar, dan perangkat Kamu melakukan booting tanpa masalah. Namun terkadang, ada kesalahan fatal dalam proses booting yang membuat ponsel Kamu menjadi crash.

Saat perangkat Kamu terjebak dalam bootloop, Kamu pasti akan mencoba mematikan dan menghidupkannya lagi untuk memperbaiki masalah. Namun, tentu saja tidak bisa, karena ada masalah saat startup, dan kesalahan tersebut akan terus berulang. Lalu bagaimana cara mengatasi bootloop hp?

Cara Mengatasi Bootloop HP Android

Cara Mengatasi Bootloop HP Android memang lebih rumit tapi bukan tidak mungkin untuk bisa kamu lakukan.

Tentu saja, Kamu bisa mencoba untuk membiarkan hp untuk beristirahat untuk waktu yang lama, sekitar 30 menit atau satu jam, dan kemudian kamu coba hidupkan kembali. Tetapi jika hp android Kamu masih tidak bisa boot seperti seharusnya, Kamu harus memulai melakukan pemecahan masalahnya.

Coba masukkan ke mode Recovery terlebih dahulu dengan menahan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan. Dari sini, Kamu bisa memulihkan ponsel atau memulihkan cadangan sebelumnya. Namun, ini sering mengakibatkan hilangnya data, yang tidak ideal, jadi Kamu mungkin harus mempertimbangkan pilihan menerapkan metode ini.

Jika metode ini masih tidak berhasil, Kamu harus masuk ke Safe Mode di hp android. Saat hp Android Kamu boot dan Kamu melihat nama pabrikan muncul, tekan dan tahan tombol volume bawah untuk memasukkan ke Safe Mode. Di sini, Kamu bisa mengikuti petunjuk untuk menyingkirkan program, aplikasi, atau pembaruan perangkat lunak apa pun yang membuat hp android kamu mengalami bootloop.

Cara Mengatasi Bootloop HP di iPhone

Cara Mengatasi Bootloop HP di iPhone yang pertama adalah dengan melakukan reset iphone.

Untuk memaksa reset ulang iPhone seri terbaru, kamu bisa tekan sebentar tombol Volume Naik, lalu tombol Volume Turun, lalu tekan dan tahan tombol Daya.

Untuk memaksa memulai ulang iPhone seri lama, tekan dan tahan tombol Volume Turun dan tombol daya secara bersamaan hingga Kamu melihat logo Apple.

Jika itu tidak berhasil, Kamu juga bisa mencoba memulihkan iPhone menggunakan mode recovery melalui iTunes. Perhatikan bahwa metode ini akan menimpa data yang ada di perangkat Kamu dengan apa pun yang tersimpan dalam cadangan.

Kamu harus menghubungkan ponsel ke komputer, membuka iTunes, dan mengeklik ikon perangkat untuk melihat informasi iPhone. Dari sini, Kamu akan melihat opsi yang mengatakan Restore from iCloud Backup.

Melalui iTunes di komputer, Kamu juga dapat memeriksa pembaruan perangkat lunak baru untuk iPhone. Terkadang pembaruan perangkat lunak terbaru akan menyertakan perbaikan bug yang diharapkan bisa menyelesaikan masalah apa pun termasuk masalah bootloop iphone.