DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Cara Mengajar Anak PAUD

Anak yang masih kecil membutuhkan metode belajar khusus agar dapat menangkap apa yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itulah guru atau pengajar PAUD harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak. Cara mengajar anak PAUD yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  1. Belajar sambil bernyanyi

Untuk anak PAUD yang belum lancar membaca, belajar melalui lagu tentu akan lebih efektif dibanding belajar melalui buku. Oleh karena itulah guru atau pengajar dapat memilih lagu dengan lirik positif yang dapat dipelajari oleh anak. Ciptakan suasana yang menyenangkan dengan membiarkan anak bernyanyi bersama teman-temannya.

  1. Belajar sambil bermain

Selain melalui lagu, guru atau pengajar PAUD juga dapat mengajak anak belajar sambil bermain. Di usia dini di mana anak tengah memiliki banyak ketertarikan untuk bermain, hal ini akan sangat efektif. Oleh karena itulah guru harus memilih permainan yang menyenangkan bagi anak sambil menyisipkan pelajaran tertentu.

  1. Belajar dari alam

Sebelumnya telah disebutkan bahwa anak di usia PAUD memiliki ketertarikan yang tinggi untuk bermain. Oleh karena itulah di samping memilih permainan yang menyenangkan untuk mengajarkan sesuatu, guru atau pengajar PAUD juga dapat mengajak anak untuk belajar dari alam.

Cara mengajar anak PAUD yang satu ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk lebih dekat dengan alam sekitar.