DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Sejak Usia Dini

Sejak usia dini, anak-anak harus dilatih untuk memiliki sifat percaya diri. Sejak usia dini, anak-anak mulai memperhatikan perbedaan yang ada di lingkungannya. Dengan memberikan pengertian bahwa tidak semua anak sama, anak-anak tidak akan membandingkan dirinya dengan anak lain yang membuatnya merasa minder. Agar anak dapat merasa percaya diri, orang tua perlu memberikan informasi mengenai kelebihan yang dimiliki oleh buah hati.

Rasa percaya diri anak sejak usia dini dapat muncul ketika orang tua mendidiknya dengan cara memberikan role model yang tepat. Tidak hanya orang tuanya sendiri, role model dapat berupa soso atlet, guru atau musisi tertentu. Anak-anak yang berada pada tahap meniru akan melakukan hal-hal positif yang dilakukan oleh role modelnya. Hal tersebut juga dapat melatih anak untuk bertindak pantang menyerah dan bekerja keras.

Rasa percaya diri juga dapat dengan mudah muncul ketika anak diberikan pujian terhadap tindakan positif yang dilakukannya. Perhatian yang diberikan oleh orang tua mendorong anak untuk melakukan hal-hal yang baik lainnya. Secara tidak langsung, kepercayaan diri anak akan terbangun dengan sendirinya. Anak juga akan menilai bahwa dirinya cukup berharga di hati orang tuanya ketika orang tua memberikan perhatian dan waktu untuk dirinya. Cara ini perlu diterapkan kepada anak usia dini orang tua jika ingin kepercayaan diri anaknya tumbuh.