DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Cara Memunculkan Tombol IDM di YouTube

 

Siapa yang tak tahu YouTube? Platform streaming ini memang semakin banyak digandrungi oleh masyarakat dunia. Bahkan, seperti dilansir dari Papuanews.id, menonton video di YouTube sekarang ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh semua orang di era perkembangan gadget yang semakin pesat.

 

Tak hanya itu, Papuanews.id menyebut saat ini menonton YouTube telah menjadi aktivitas rutin yang banyak dijumpai oleh anak muda saat ini. Terlebih kini ada banyak konten yang dapat disaksikan di YouTube mulai dari musik, vlog, sport, web series, dan lainnya. Saking serunya, banyak orang yang mengunduh video tersebut.

 

Bicara soal mengunduh video YouTube, Internet Download Manager (IDM) menjadi  software yang paling sering digunakan. Sebab, IDM memiliki tampilan sederhana yang mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Sayangnya, tombol IDM terkadang menghilang saat ingin men-download video di YouTube. Lalu, bagaimana cara memunculkan tombol IDM di YouTube?

 

Cara Memunculkan Tombol IDM di Google Chrome

 

Google Chrome menjadi salah satu yang paling sering digunakan untuk mengakses YouTube. Untuk memunculkan tombol IDM pada Google Chrome, pengguna perlu mengunduh sekaligus install dahulu IDM pada PC atau laptop.

 

Jika telah terinstall, buka Google Chrome, pilih menu Settings pada sisi kanan atas browser. Pastikan IDM telah terpasang dengan mengecek di Google Chrome. Untuk mengecek, klik opsi More Tools, lalu pilih Extensions. Pada halaman Extensions, pengguna dapat melihat ekstensi dan add-on yang telah terpasang di Google Chrome.

 

Masih di halaman Extensions, pada Windows Explorer, masuk ke direktori Internet Download Manager. Adapun lokasinya umumnya dapat diakses pada This PC > Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager.

Pada folder Internet Download Manager, cari file dengan nama ‘IDMGCExt.crx.’, lalu klik dan tarik file ke jendela Extensions di Chrome. Jika muncul peringatan, pilih opsi Add Extension. Setelah instalasi selesai, IDM akan terpasang di Chrome. Tombol download IDM pun juga akan secara otomatis tampil di YouTube.

Cara Memunculkan Tombol IDM di Mozilla Firefox

Untuk pengguna Mozilla Firefox, tombol IDM harus dipasang secara manual. Adapun caranya yakni dengan klik menu Firefox dengan ikon tiga garis horizontal di sisi kanan atas browser. Selanjutnya, klik opsi Add-ons.

 

Nantinya, halaman Add-ons manager akan terbuka, lalu klik tab Extensions pada sisi kiri layar. Tahap selanjutnya, cari menu ikon gigi roda, lalu klik ‘Install Add-on From File’. Kemudian, buka direktori IDM untuk memilih add-on yang ingin diinstal. Nantinya, akan ada tiga file XPI dengan nama sama, tapi nomor berbeda. Pilih add-on sesuai dengan versi Firefox yang digunakan yaitu:

  • idmmzcc3.xpi untuk Firefox 53 versi terbaru.
  • idmmzcc2.xpi untuk Firefox versi 27 hingga versi 52.
  • idmmzcc.xpi untuk Firefox versi 1.5 hingga versi 26.

 

Beberapa pengguna mungkin tidak tahu versi Firefox yang kini digunakan. Untuk itu, cobalah untuk install semua ekstensi satu persatu. Nantinya, Firefox akan menampilkan dialog untuk konfirmasi setup jika versi yang diinstal telah sesuai. Selanjutnya, klik Install atau Add jika dialog tersebut muncul. Jika IDM telah terpasang, secara otomatis tombol IDM akan muncul.

 

Nah, itulah cara memunculkan tombol IDM di YouTube. Jika tombol IDM tak kunjung muncul, hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

– Ekstensi IDM tidak terpasang dengan benar.

– IDM belum di-update ke versi terbaru sehingga tidak terintegrasi ke browser.

– IDM belum diaktivasi setelah dipasang.