DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

3 Cara Membuat Buket Bunga Mawar yang Ekonomis, Namun Tetap Indah

Siapa sih yang tidak senang dengan buket bunga mawar? Tentunya, setiap orang suka, apalagi para wanita. Bukan rahasia lagi, buket bunga mawar dijadikan sebagai simbol cinta. Tidak heran buket bunga yang satu ini banyak diminati orang untuk momen romantis, seperti: lamaran, hadiah dan pernikahan.

Ternyata, kita bisa membuat buket bunga mawar sendir, lho. Tentu saja, lebih ekonomis. Nah, bagaimana cara membuat buket bunga mawar? Yuk, simak caranya berikut ini. Namun, sebelumnya pahami dahulu tips memilih bunga mawar yang cocok dijadikan buket ini.

Tips Memilih Bunga Mawar untuk Dijadikan Buket

Perlu diperhatikan, tidak semua bunga mawar segar cocok dijadikan buket bunga. Hal tersebut karena setiap batang bunga mawar memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda. Adapun tips memilih bunga mawar yang cocok dijadikan buket adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan membeli bunga mawar yang masih segar, disarankan untuk membelinya saat last minute sebelum acara.
  2. Pilih bunga mawar yang memiliki batang bawah masih basah dan keras.
  3. Pastikan, kelopak bunga masih dalam keadaan kuncup. Artinya, kelopak bunga tidak layu.
  4. Pilih bunga mawar dengan kelopak bunga yang masih memiliki cone pembungkus.
  5. Remas dengan lembut bagian kelopak bunga mawar di bagian tangkai. Tips ini bertujuan untuk memeriksa apakah mawar tersebut masih segar atau tidak.

3 Cara Membuat Buket Bunga Mawar yang Indah

Tentunya, setelah memilih bunga mawar segar, kamu akan dibuat penasaran bagaimana cara membuat buket bunga mawar. Kabarnya membuat buket bunga mawar ini mudah, asalkan kita sabar merangkainya. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tahap Persiapan

Di tahap persiapan ini, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat ukuran buket. Artinya, kamu harus menetapkan ukuran buket yang akan kamu buat. Pastikan ukuran buket tidak terlalu besar dan terlalu kecil.

Langkah selanjutnya di tahap persiapan adalah sebagai berikut.

  • Perkiran berapa bunga mawar yang dibutuhkan untuk membuat buket.
  • Pilih 12 tangkai bunga mawar terbaik sebagai bunga utama.
  • Potong bagian ujung batang pada kemiringan 45 derajat. Potong sepanjang kurang lebih 2,5 -5 cm. Kemudian, potong bagian daun dan duri dengan hati-hati.
  1. Tahap Merangkai Buket

Setelah bunga mawar utama sudah siap, selanjutnya tahap merangkai buket. Rangkai 12 batang bunga mawar utama secara rapi di bagian tengah buket. Pastikan, 12 batang bunga utama tersebut dirangkai secara rapat, rapi dan seimbang hingga membentuk seperti kubah.

  1. Tahap Akhir (Finishing)

Tahap akhir adalah merapikan bentuk buket. Pada tahap ini, harus berhati-hati supaya rangkaian buket dan kelopak bunga tidak rusak. Ikat buket bunga menggunakan pita atau tari rafia dari palem. Ketika mengikat buket, pastikan ikatan tersebut berjarak kira-kira 2, 5 – 3 cm dari kelopak bunga mawar.

Supaya buket bunga mawar yang kamu buat terlihat indah mempesona, tambahkan kertas pembungkus dari kertas atau plastik bungkus untuk mempercantik. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lainnya di buket bunga mawarmu, asalkan senada dengan kecantikan bunga mawar.

Bagaimana menurut pendapatmu, cantik bukan buket bunga mawarnya? Tentunya, informasi cara membuat buket bunga mawar tersebut dapat menambah wawasanmu dan memberikan inspirasi sebagai ide bisnis. Nah, bagi kamu yang belum memiliki keterampilan dalam merangkai bunga, kamu dapat belajar lagi atau membeli buket bunga mawar di toko bunga atau florist.

Mengenai toko bunga maka Anda bisa mengunjungi https://batam.aliciaflorist.com/. Di sini menjual berbagai macam jenis buket bunga untuk berbagai acara. Harganya juga cukup murah terjangkau.