DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Cara Budidaya Burung Dara

Burung dara merupakan salah satu jenis burung yang bisa dipelihara dengan kandang terbuka. Burung dara tidak hanya mudah dirawat namun juga mudah untuk dibudidayakan. Lantas, bagaimana cara budidaya burung dara?

Cara Mudah Budidaya burung Dara

Bagi Anda yang tertarik untuk budidaya burung dara, bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Mengenal burung dara

Agar budidaya burung dara bisa berhasil, Anda harus mengenalnya. Mulai mengetahui perbedaan antara burung dara jantan dan betina. Kemudian mengetahui beberapa jenis merpati lainnya.

  1. Mempersiapkan indukan

Agar budidaya burung dara bisa sukses, silahkan memilih indukan yang terbaik. Burung dara yang siap berkembang biak adalah usia 7 bulan. Kemudian untuk budidaya lebih dari 1 pasang, silahkan dijadikan satu agar pemberian pakan dan perawatan lebih efisien.

  1. Menyiapkan kandang

Kandang burung dara ini biasanya melekat pada dinding atau dibuat tinggi pada kayu. Kandang burung ini membutuhkan ruang lebih luas dan tidak lembab.

  1. Proses pengawinan

Apabila sudah menunjukkan tanda perkawinan, silahkan masukkan pasangan burung dara di dalam kandang. Setelah 5 hari, burung dara betina akan bertelur. Apabila sudah bertelur, Anda harus melakukan perawatan terhadap piyik.

Itulah penjelasan mengenai cara budidaya burung dara yang benar. Selamat mencoba.