DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

Cara Backup Data Dan File Di HP Android

Di era digital, backup data sangat diperlukan. Pasalnya, backup data dapat menyelamatkan Anda dari situasi tak terduga dan merugikan. Misalnya, ketika data yang disimpan terkena virus sehingga tidak dapat diakses.

Saat hal ini terjadi, backup data akan dapat menyelamatkan Anda. Oleh karena itulah backup data wajib dilakukan, misalnya di HP Android. Tak hanya dapat meminimalkan risiko kehilangan data yang berupa file, tetapi juga musik, SMS, foto, dan sebagainya.

Mengutip dari website carakami.com, cara backup data dan file di HP Android dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa layanan dan aplikasi berikut:

  1. Google Backup

Google Backup adalah fasilitas atau layanan yang terdapat pada semua perangkat Android. Namun, layanan ini hanya dapat digunakan jika Anda memiliki Gmail atau akun Google. Pasalnya, di akun Google inilah data backup Anda akan disimpan. Oleh karena itulah Anda juga perlu melakukan sinkronisasi HP dengan akun Google.

Google Backup dapat mem-backup berbagai hal, mulai dari file atau berkas pada umumnya, hingga pengaturan aplikasi, data aplikasi, bahkan password WiFi.

Layanan ini dapat Anda gunakan dengan cara membuka menu Settings kemudian memilih opsi Backup & Reset. Jika perangkat Android Anda telah terhubung atau sinkron dengan akun Google, semua data yang ada di perangkat Android Anda akan di-backup secara otomatis oleh Google Backup.

  1. Super Backup & Restore

Super Backup & Restore adalah aplikasi besutan MobileIdea Studio. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan backup data pada perangkat Android. Super Backup & Restore tidak jauh berbeda dari aplikasi backup data yang lain.

Tentunya, aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan backup.

Untuk melakukan backup menggunakan Super Backup & Restore, Anda perlu menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu. Saat aplikasi sudah terpasang, Anda dapat membuka aplikasinya untuk melakukan backup.

Aplikasi ini akan menampilkan menu SMS, Google Drive, dan sebagainya. Fungsi menu ini adalah untuk mempermudah Anda dalam melakukan backup. Oleh karena itulah jika Anda ingin melakukan backup pada SMS, maka hanya perlu klik menu SMS.

Namun, jika ingin melakukan backup pada semua data yang dimiliki, Anda dapat memilih menu Backup All. Selanjutnya, klik OK dan Anda hanya perlu menunggu sampai aplikasi tersebut melakukan proses backup.

  1. Titanium Backup

Titanium Backup merupakan salah satu aplikasi backup terbaik di Android saat ini. Pasalnya, aplikasi backup yang satu ini dapat mem-backup banyak hal, tepatnya hampir semua hal di perangkat Android.

Tak hanya itu, Titanium Backup juga memungkinkan Anda untuk menjadwal proses backup. Oleh karena itulah aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang kurang suka melakukan backup secara manual.

Kelebihan lainnya adalah pengguna Titanium Backup tetap dapat menggunakan aplikasi lain selama menunggu proses backup selesai. File backup dapat disimpan dalam bentuk update.zip yang memungkinkan Anda melakukan restore melalui recovery.

Namun, Anda juga dapat melakukan restore langsung apabila melakukan backup dengan cara biasa.

Mengutip dari website carakami.com, masih ada cara backup data dan file di HP Android backup data yang dapat digunakan, seperti aplikasi App Backup & Restore, App Backup Restore, dan masih banyak lagi.

Namun, pastikan Anda menggunakan aplikasi tersebut hanya jika Anda merasa tidak puas dengan layanan backup bawaan yang disediakan perangkat.