DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

3 Bisnis Sampingan Guru Swasta Yang Minim Modal

 

Sulitnya menjadi guru berstatus PNS membuat guru honorer harus membuka usaha sampingan untuk memenuhi tujuan keuangannya. Namun kendala modal juga sering menjadi masalah.

Meski demikian, tidak perlu khawatir karena masih banyak ide usaha guru swasta tanpa perlu modal banyak. Berikut ini bisnis sampingan guru swasta yang bisa anda coba.

1. Blogging/Blogging

Salah satu bisnis sampingan guru swasta yang bisa dicoba adalah blogging. Tugas seorang guru biasanya tidak jauh dari menulis dan menyiapkan bahan ajar. Anda bisa dengan jelas menyalurkan kebiasaan ini ke wadah lain, salah satunya adalah blog.

Materi berupa tips-tips cara mengajar, informasi tentang dunia pendidikan, atau hal-hal lain tentang ilmu pengetahuan adalah hal-hal yang harus Anda kuasai. Anda dapat menulis konten ini di blog Anda sendiri.

Lalu, apakah ngeblog butuh modal? Tentu saja tidak, Anda hanya perlu mendaftar di situs blog terkenal seperti blogspot atau wordpress dan mulai menulis di sana. Semakin rajin dan konsisten Anda dalam menulis, semakin banyak orang akan membaca blog Anda.

Ketika blog Anda sudah dikunjungi banyak orang, secara otomatis pengiklan atau google ads akan datang ke blog Anda. Di sinilah Anda akan mendapatkan uang tambahan.

2. Buka Les Privat

Meski usaha sampingan ini sudah banyak dilakukan oleh guru-guru lain, kamu tetap bisa mencoba cara ini lho!

Dengan menjadi guru privat, Anda tetap dapat menjalankan peran sebagai guru tanpa harus mempelajari bidang baru yang belum Anda kuasai. Anda bisa mulai dengan menawarkan layanan kepada siswa di sekolah Anda, kemudian mulai dari mulut ke mulut ke orang tua.

3. Menjadi Penerjemah

Jika Anda seorang guru bahasa asing, Anda dapat memanfaatkan keahlian Anda sebagai penerjemah. Anda bisa menemukan bisnis sampingan ini melalui situs-situs freelance yang tersedia di internet.

Anda juga dapat bekerja dengan perusahaan kecil yang sering membutuhkan layanan terjemahan, seperti agen perjalanan. Ketika ada turis asing yang membutuhkan juru bahasa atau guide ke suatu tempat, mereka bisa membayar jasa Anda.