DT Media

Hate comes from intimidation, love comes from appreciation.

5 Alasan Kenapa WiFi Lemot dan Tips Mudah Mengatasinya

Kesal rasanya jika pekerjaan menumpuk dibarengi WiFi bermasalah. Perlu dilihat masalahnya apa dan mencari solusi untuk mengatasinya. Alasan kenapa WiFi lemot memang butuh Anda ricek lengkap dengan detail agar tahu tidak beresnya karena apa.

Untuk melihat kondisi yang sebenarnya, langsung lakukan cek saja dan jangan langsung menyalahkan providernya. Belum tentu provider yang bermasalah karena banyak faktor penyebab.

5 Alasan Kenapa WIFi Lemot

WiFi lemot karena banyak faktor penyebab dan Anda dapat melihat secara langsung masalahnya. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat di bawah ini.

  1. Cek WiFi

Cara pertama adalah Cek WiFi pada perangkat yang Anda gunakan. Apakah sudah ditautkan dengan WIFi atau belum, jika belum diaktifkan dapat langsung aktifkan WiFi-nya.

Perlu diketahui kalau cara mengaktifkan WIFi pada masing-masing perangkat berbeda-beda. Supaya tidak bingung, Anda dapat masuk melalui setting yang mencakup pengaturan WiFi.

  1. Koneksi Internet

Langkah berikutnya dengan melihat koneksi internetnya beres atau tidak. Jika jaringan WIFi sudah diaktifkan tapi tetap lemot, Anda dapat cek koneksi internet menggunakan kabel ethernet pada laptop.

Cara ini untuk melihat sejauh mana kecepatan internet, jika masih wajar mungkin penempatan router WiFi yang salah. Apabila tetap belum terkoneksi dengan baik, provider mungkin menjadi penyebab WIFi lemot.

  1. Kabel LAN Terputus

Langkah berikutnya adalah melihat apakah kabel LAN terputus. Cek langsung ke router WiFi, bisa saja kabel yang disambungkan salah tempat atau malah belum disambungkan.

Jika kurang paham dengan penyambungan kabel LAN ini alangkah baiknya menghubungi pihak provider. Dengan demikian penyambungan kabel dipastikan benar.

  1. Router WiFi Diletakkan Terlalu Jauh

Ada jangkauan tertentu agar router WiFi berfungsi secara maksimal. Jangan terlalu jauh menempatkan router karena mengakibatkan koneksi internet lemot.

Sebaiknya letakkan di tempat yang sering Anda gunakan untuk berselancar. Dengan demikian akan memaksimalkan koneksi internet.

  1. Router WiFi Ditaruh Lantai

Bukan hanya urusan jangkauan router tapi juga penempatan di lantai akan mengganggu koneksi internet. Router WIFi bersifat seperti antena televisi, jika ditaruh di lantai maka sinyal akan buruk.

Penempatan di lantai sebaiknya dihindarkan dan lebih baik menaruhnya di tempat lebih tinggi. Dengan penempatan yang tepat router WIFi akan mendapatkan sinyal secara maksimal dan koneksi lancar.

Tips Mudah Mengatasi WiFi Lemot

Setelah mengetahui penyebab WiFi lemot sebaiknya Anda mengetahui gambaran umum cara mengatasinya. Tak perlu tips rumit atau cara teknisi yang tak semua orang bisa. Anda dapat melakukan langkah mudah sebagai berikut:

  • Restart router dengan cara mematikan router WiFi kurang lebih satu menit. Setelah itu menyalakannya kembali sehingga router akan berfungsi secara normal.
  • Mendekatkan router WiFi ke tempat yang dekat dengan perangkat yang Anda gunakan. Misalnya Anda sering internetan di kamar, maka tempatkan saja router tersebut di kamar supaya koneksi internet dapat digunakan secara maksimal.
  • Menaruh router ke tempat lebih tinggi dan jauhkan dari halangan agar mendapatkan sinyal terbaik.
  • Mematikan aktifitas bandwidth yang besar pada perangkat keras. Hal ini dapat Anda lakukan dengan membuka task manager lalu pilih network. Dari situ terlihat bagian aktifitas mana yang menyedot bandwidth terbanyak.
  • Pilih browser lain untuk penghematan sehingga jangan terpaku hanya menggunakan satu jenis browser saja, ya.

Tak serumit yang dibayangkan masalah WiFi lemot ini jika Anda tahu masalahnya. Alasan kenapa WiFi lemot dan trik mudah mengatasinya sudah Anda ketahui dengan lengkap di patriciamollie.com. Jika mengalami hal tersebut dapat langsung dipraktekkan dan WiFi kembali normal seperti semula.