Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Anak Malas Belajar di Sekolah

Anak malas belajar menjadi masalah yang kerap kali membuat orang tua menjadi bingung. Anda tidak sendirian, karena ada banyak orang tua yang juga mengalami hal yang sama. Hal ini membuat khawatir, apalagi jika malas belajar terjadi di sekolah juga. Dan berikut beberapa cara mengatasi anak malas belajar di sekolah.

Langkah Menghadapi Anak Yang Malas Belajar

  1. Mencari Tahu Penyebab

Ada banyak penyebab mengapa anak anak menjadi malas belajar di sekolah. Dimulai dari cara pengajaran yang tidak disukai, adanya bullying hingga penyebab lainnya yang membuat si kecil enggan ke sekolah. Anda juga bisa meminta bantuan guru di sekolah untuk memantau keseharian di sekolah. Pastikan anda tidak meremehkan alasan anak malas untuk belajar di sekolah.

  1. Terlibat Dalam Proses Belajar

Mendampingi si kecil dalam proses belajar juga mengerjakan tugas akan membuatnya merasa nyaman. Hal ini juga bisa membangkitkan minatnya untuk datang ke sekolah. Anda bisa juga membangun komunikasi tentang apa saja yang dipelajari di sekolah. Tidak hanya itu, anda juga bisa mencari metode belajar yang menyenangkan.

  1. Memberikan Pujian

Pujian juga tidak kalah penting untuk anda berikan agar anak anak menjadi lebih termotivasi untuk belajar. Walaupun jika hasilnya tidak sesuai yang orang tua harapkan, tetap berikan semangat juga pujian. Pujian ini akan membuatnya lebih semangat untuk melakukan lebih baik di lain waktu.

Tidak mudah membuat anak menjadi rajin belajar, apalagi jika usianya masih kecil. Anda harus pelan pelan memberikan pengertian penting nya belajar. Selain itu juga harus peka jika ada hal yang tidak beres pada perilaku si kecil. Jangan selalu menganggap si kecil hanya beralasan, karena bisa jadi memang ada yang membuatnya tidak nyaman.