Tips Memilih Ayunan mulai dari Ukuran Ayunan Anak

Pada umumnya, anak-anak sangatlah menyukai bermain ayunan dan terkadang merepotkan orang tua apabila anak sampai tidak mau pulang hanya untuk bermain ayunan. Akan menjadi ide yang bagus apabila anda mempunyai ayunan sendiri di rumah. hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih ayunan untuk anak agar bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

Cara Tepat Memilih Ayunan bagi Anak

Sebelum membeli ayunan, sangatlah penting untuk memperhatikan apa saja hal-hal dalam memilih ayunan agar anak dapat bermain dengan aman dan nyaman. Selain anak senang, orang tua juga tentu ikut senang. Di bawah ini penjelasan poin penting dalam memilih ayunan dengan memastikan produk atau bahannya aman.

  1. Pilih Tipe Sesuai dengan Kebutuhan

Salah satu hal utama dalam memilih ayunan adalah dengan menyesuaikan tipenya dengan kebutuhan, seperti tempat pemasangan ayunan. Ayunan terdiri dari dua tipe yaitu outdoor dan indoor. Agar anda tidak salah memilihnya, anda wajib mengenali ciri-ciri setiap jenis ayunan terlebih dahulu lalu sesuai dengan kebutuhan.

Ayunan indoor merupakan ayunan yang digunakan di dalam rumah agar sang buah hati dapat bermain dengan aman. Jenis ini kerap terbuat dari plastik sehingga mengayunnya tidak sekencang dengan ayunan outdoor. Spesifikasi yang dimiliki ayunan tipe ini bermanfaat untuk menjaga keselamatan anak ketika bermain di dalam ruangan.

Sedangkan ayunan outdoor, digunakan di luar ruangan. Ayunan jenis ini ada yang terbuat dari plastic, kayu atau besi. Namun, ayunan anak berbahan kayu masih jarang ditemui di e-commerce di Indonesia. Ayunan yang berbahan besi atau plastic lah yang kerap ditemui. Sebelum membeli ayunan, anda perlu memesannya terlebih dahulu.

Tipe ayunan outdoor ini sangatlah cocok untuk menngkatkan kegiatan anak di luar ruangan. Tetapi, anda perlu memastikan tempatnya terlebih dahulu untuk pemasangan ayunan. Apabila anda memilih ayunan yang mampu mengayun dengan cepat atau kencang, anda perlu memasangnya di tempat yang lebih luas.

  1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih ayunan adalah dengan memilih ukuran ayunan anak. Ukuran ayunan tersedia sangat beragam di pasaran. Anda perlu mengukur tempat instalasinya terlebih dahulu untuk menemukan produk ayunan yang memiliki ukuran pas dengan area instalasinya, entah itu ayunan indoor maupun outdoor.

Dalam memilih ayunan, pastikan anda tidak memilih ayunan yang dapat memenuhi ruangan. Anda wajib menyisakan area di bagian depan serta belakang agar anak dapat berayun lebih aman dan nyaman. Untuk ayunan yang bertali, beri jarak depan dan belakang yang disarankan berukuran dua kali tingginya. Tipe indoor ini biasanya lebih fleksibel karena lebih lembut.

  1. Periksa Umur serta Beban Maksimal Ayunan

Tidak hanya untuk keselamatan anak, kategori umur anak juga mampu menjamin kebahagiaan ketika bermain. Pada umumnya, ayunan bagi balita mampu mengayun lebih pelan. Hal ini cocok bagi anak yang lebih dewasa yang tentunya membutuhkan ayunan lebih menantang.

Rata-rata ayunan yang ada di pasaran mampu menahan beban di atas kategori umurnya. Namun, pertumbuhan setiap anak berbeda dari satu sama lain. Agar lebih awet digunakan, anda perlu memilih produk yang masih bisa digunakan beberapa tahun kemudian dengan menyesuaikan tahap perkembangan anak agar jangka panjang produk bertahan lebih lama.

Dapat disimpulkan bahwa memilih ayunan sangatlah penting dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek sebelum membelinya. Anda bisa melakukan poin-poin di atas, berupa memilih jenis sesuai dengan kebutuhan, ukuran ayunan anak, dan memeriksa umur serta beban maksimal ayunan. Anda bisa menemukan berbagai macam ayunan di toko jual ayunan anak.